Kawasan pantai mendapat perhatian lebih. Sebab, kawasan tersebut menjadi salah satu tujuan wisata alam unggulan selain gua. Karena itu Bupati Indartato menginginkan agar lokasi yang terdekat dengan laut itu terlihat bersih. “Kami ingin laut ini juga bersih karena tempatnya wisata,” ujarnya saat mengikuti kegiatan bersih-bersih pantai dikawasan Pancer Door, Jum’at (10/8/2018). Selain menjaga kebersihan lingkungan wisata, agenda kali ini juga menjadi rangkaian peringatan ulang tahun ke- 73 Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia. Disamping kegiatan-kegiatan lain yang digelar instansi pemerintah maupun masyarakat.

Bupati menjelaskan, dengan kondisi pantai yang bersih, para pelancong akan datang. Tidak hanya wisatawan domestik, tetapi juga manca negara. “Sebagai contoh tadi. Ada lima wisatawan asing. Mereka berterima kasih dengan gerakan semacam ini. Bahkan mereka juga memberi saran agar pantai selalu bersih,” jelasnya.

Lebih lanjut Indartato menghimbau kepada seluruh masyarakat, khususnya warga Kabupaten Pacitan dan wisatawan untuk menjaga kebersihan lokasi wisata pantai. Salah satu caranya dengan membuang sampah ditempat-tempat yang disediakan. “Kita bisa tiru perilaku masyarakat Jepang yang sangat peduli dengan kebersihan lingkungan,” harap dia.
Kegiatan bersih-bersih pantai rutin digelar oleh Pemkab Pacitan yang melibatkan seluruh perangkat daerah juga instansi vertikal termasuk Polres dan Kodim. (arif/nasrul/juremi tomas/danang/humaspacitan).

Ingin Kawasan Pantai Terlihat Bersih

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *